25-Juni-2017 | 11:43:00 WIB
Wow Bus Bertingkat Kelas Pesawat

SEPERTI apa rasanya melakukan perjalanan jauh menggunakan bus bertingkat (double decker). Tentu ada perbedaan dengan saat melaju dengan bus biasa. Setidaknya dari sisi kenyamanan. Apalagi dengan fasilitas yang mirip kabin pesawat. Seperti tempat duduk yang bisa distel secara elektrik, full audio dan video, yang setiap saat bisa dimainkan.

Nah, perusahaan angkutan antar kota antar provinsi, PT Putera Mulya Sejahtera terus mengapresiasi tingginya minat masyarakat menggunakan bus jenis ini, dengan menambah dua unit bus tingkat.

Kini rute Bogor, Solo, dan Wonogiri giliran mendapat bagian  jalur dari dua unit baru bus tingkat premium tersebut.

"Kami ingin transportasi bus tidak lagi dipandang sebelah mata. Pada saatnya nanti, ketika jalan tol sudah menghubungkan kota-kota di Indonesia, khususnya di Jawa, bus-bus semacam ini yang akan banyak dibutuhkan,” kata pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, dalam siaran persnya, kemarin.

Penambahan dua unit bus tingkat, menurut laki-laki yang akrab disapa Sani ini disebabkan permintaan yang cukup signifikan oleh konsumen dari berbagai kota. Rute Bogor-Jakarta- Solo- Wonogiri dipilih karena sisi perhitungan operasional.

"Di rute ini penumpang langganan kami cukup banyak. Boleh dibilang sudah mulai banyak pelanggan fanatik lah,” ungkap Sani.

Untuk menumpang bus tingat PT Putera Mulya Sejahtera, harga tiket Rp 225.000 di dek atas dengan kapasitas 38 kursi. Sementara untuk kursi di bagian bawah dengan kapasitas enam kursi harga tiket Rp 325.000. Pada musim mudik Lebaran, tiket bus naik menjadi Rp 550.000.

                                        

Meski harga tiket relatif tinggi, menurut Sani, bus tingkat ini dilengkapi oleh fasilitas eksklusif. Seperti sarana hiburan Audio-Video on demand, kursi yang dapat diatur kemiringannya.

Khusus di kursi bagian bawah penyetelannya dilakukan elektrik dengan kursi model cangkang yang lebih nyaman untuk duduk jarak jauh.

Bus tingkat premium ini juga sudah dilengkapi piranti canggih pemantau kinerja mesin dan kinerja sopir terkait faktor keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Sebelumnya PT Putera Mulya Sejahtera hanya memiliki dua unit dengan rute Jakarta- Solo- Wonogiri. 

Tak menampik jika permintaan masyarakat terhadap bus tingkat bertambah, maka perusahaan akan menambah armada bus tingkat yang bernilai miliaran rupiah tersebut. 

Di Singapura bus jenis ini sudah diperasikan sekitar 10 tahun yang lalu. Banyak masyarakat umum memiliki bus bertingkat karena dianggap memiliki kenyamaan dan ruang yang tersedia cukup luas.

(KOM/PNA)


Berita Terkait
Jangan Pilih Kepala Daerah Yang Tak Kreatif
Latihan Menembak JBN dan TNI AU
Nurul Arifin Pilih Kang Rully Sebagai Wakilnya
Staf Swiss-Belhotel Mangga Besar Gelar Aksi Pungut Sampah
Staf Swiss-Belhotel Mangga Besar Gelar Aksi Pungut Sampah
Karnaval Kemerdekaan Pukau Warga Bandung